Bisnis dengan Modal Kecil Bahkan Tanpa Modal


Kali ini, kita coba menyimak pengalaman seorang kawan dalam berbisnis dengan modal sungguh-sungguh kecil bahkan tanpa modal sama sekali, semoga dapat mengispirasi: Banyak  yang tanya usaha dengan modal kecil atau tanpa modal.  Ide usaha ini sebagian sudah gw jalani, dan alhamdulillah dapat menambah income. Sebenarnya kans itu ada dimana-mana, tinggal kita dapat memandang celah apa tidak. Dan gak semua usaha itu butuh modal gede, ada juga usaha yang tanpa modal tetapi dapat ngasih penghasilan gede. Emang sich, kalo tanpa modal kita patut berprofesi agak keras, diperbandingkan ama yang pake modal gede. Yups….Kalo ada yang punya pengalaman bikin usaha nyaris tanpa modal, ntar di share di sini ya. Tapi dengan catatan, bukan anggota get anggota atau sejenisnya.

Jasa Sebar Brosur
Udah 2 taon ini gw ngejalani bisnis ini, tetapi cuman gw jalani menjelang ajaran baru seperti ketika ini. Bermula dari iseng, gw googling nama kampus swasta yang letaknya jauh dari kota gw. Gw buat list, trus gw bikin surat penawaran untuk jasa peyebaran brosur dan tempel pamflet penerimaan mahasiswa baru di kota gw. Dan surat penawaran yang sudah gw lampiri identitas dan list nama sekolah di kota gw, gw kirim lewat email kepada panitia penerimaan mahasiswa baru. Biar gak terkesan SPAM, gw kirim satu per satu.Sebagian hari kemudian gw dapat telpon, order perdana gw dari salah satu kampus swasta di kota Solo.

Gak nyangka, dari 75 email yang gw kirim gw dapat order 13 kampus. Mereka juga menawari untuk membuka pendaftaran di kota gw, wah double income nich mubazir kalo gw tolak. Tersebut lebih mengembirakan lagi tahun ini 11 kampus itu repeat order lagi. Jangan berpikir, wah capek tuch, wah panas-panas bagiin brosur, apa kata dunia? Y a namanya juga ini usaha gak pake modal gan, tetapi kalo gw sich gak gw kerjain sendiri, gw juga gak berharap berpanas-panas dibawah terik matahari.

Gw cari orang yang berharap nyebarin brosur dan nempelin pamflet, biasanya anak kost bermotivasi banget kalo suruh ginian apalagi dengan iming-iming rupiah. Gw bikin team kecil, tiap team terdiri dari 2 orang yang gw lepas waktu cara kerja UAN. Sebelum penyebaran brosur dan penempelan pamflet, gw minta bantu ama team tadi untuk minta ijin dulu kepada pihak sekolah. Dan mengdokumentasikan pamflet yang dipasang, juga waktu penyebaran brosur.Sesudah cara kerja UAN kelar tinggal bikin laporan pertanggung jawaban yang disertai foto-foto tadi, kepada kampus-kampus hal yang demikian

Jasa membikin foto mozaik.
Sebenarnya ini bonus bagi buyer e-book gw, tetapi biarlah gw share di sini. Kalo agan pernah main di FJB service other atau FJB desain, mungkin agan pernah menemui jasa membikin foto mozaik. Oh iya, foto mozaik itu foto yang di rangkai dari sebagian foto tetapi kalo diliat dari jauh ntar seperti gambar awam.

Tapi kalo di pelototi dari dekat adalah kumpulan dari sebagian foto. Untuk yang gak tau and biar gak keder, gw beri teladan yang gw comot dari lapak seseorang di FJB.

Mungkin agan membayangkan betapa susahnya membikin susunan foto-foto itu, perlu ketelitian dan patut piawai editing foto. Salah BESAR, asal dapat klik mouse agan dapat buat foto mozaik hal yang demikian.Tersebut perlu disiapkan cuma sebuah foto utama dan kumpulan foto lainnya.

Comments